MATERI
TEORI ORGANISASI UMUM 2
NAMA : RAENGGA
SUPI
NPM : 15111742
KELAS : 2 KA 36
MATA KULIAH : TEORI ORGANISASI UMUM 2
DOSEN : ZAINUDDIN AL
BUNJARI
PENGERTIAN DAN ARTI PENTING
KOMUNIKASI
1.
DEFINISI
DAN METODOLOGI KOMUNIKASI
Komunikasi
berasal dari bahasa latin yaitu communicatio
yang bersumber dari kata communis yang memiliki arti membuat kebersamaan
atau membangun kebersamaan anata dua orang atau lebih.
·
Pengertian komunikasi menurut para ahli
o
Menurut Theodore M.Newcomb
“ setiap tindakan komunikasi dipandang sebagai suatu
transmisi informasi . terdiri dari rangsangan yang diskriminatif, dari sumber
kepada penerima”
o
Menurut Carl I. Hovland
“ komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang
menyampaikan rangsangan untuk mengubah perilaku orang lain
o
Menurut Everett M.rogers
“ komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan
dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah
tingkah laku mereka”
2.
JENIS
DAN PROSES KOMUNIKASI
·
Jenis – jenis komunikasi terdiri dari:
o
Komunikasi formal dan informal
§
Komunikasi formal adalah komunikasi yang
mengikuti rantai komando yang dicapai oleh hirarki wewenang,
§
komunikasi informal adalah komunikasi yang
terjadi diluar dan tidak tergantung pada herarki wewenang
o
komunikasi ke bawah dan komunikasi keatas
§
komunikasi ke bawah mengalir dari peringkat atas
kebawah daam herarki,
§
komunikasi ke atas adalah berita yang mengalir
dari peringkat bawah ke atas suatu organisasi
o
komunikasi satu arah dan dua arah
§
komunikasi stu arah adalah pengirim berita
berkomunikasi tanpa meminta umpan balik
§
komunikasi dua arah adalah penerima dapat member
umpan balik
·
PROSES KOMUNIKASI
o
Jika dilihat dari aspek keseluruhan, proses
komunikasi dapat di jabarkan seperti berikut ini
o
PENGIRIM
: merupakan sebuah sumber atau pembawa berita yang dikatakan
dapat
menjadi penyalur pertama kali dalam
menyampaikan
sebuah berita atau informasi
o
BERITA
: merupakan sebuah informasi yang berisi tentang perihal yang akan
disampaikan oleh pengirim untuk
penerima
o
PENERIMA
: merupakan sebuah objek akhir atau sebagai tujuan terakhir bagi
suatu proses komunikasi
3.
KOMUNIKASI
EFEKTIF
a.
Didalam kehidupan manusia, sebenarnya terdapat
berbagai macam cara manusia untuk berinteraksi dan berkomunikasi antar sesame
manusia, dan berikut akan saya jelaskan beberapa langkah agar komunikasi yang
kita jalani dapat efektif :
i.
Berikan kesan bahwa anda antusias berbicara
dengan mereka
Sering sekali cara seperti
ini dapat memberikan antusias bagi kedua belah pihak, terutama saat kesibukan
kantor yang mengharuskan seseorang berkomunikasi kepada sesame rekan kerja nya,
ii.
Ajukan pertanyaan tentang
minat mereka
Dalam berkomunikasi seperti
langkah ini sering kita jumpai pada PKM ( proses kegiatan mengajar ) dimana
seorang guru yang baik akan selalu menanyakan minat bagi para murid nya untuk
membahas soal atau merencanakan kegiatan belajar lainya
iii.
Dengarkan dengan penuh
perhatian semua yang mereka katakan
Menjadi pendengar
yang baik merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam melakukan segala sesuatu
yang kita kerjakan di muka bumi ini, karena dengan mendengarkan kita akan
menjadi tau mana saja sebuah pendengaran itu baik dan mana saja pendengaran itu
yang buruk, itu semua di lakukan untuk kemajuan diri sendiri.
iv.
Berikan kesan bahwa anda
berdua berada di tim yang sama
Dalam poin
berikut ini yang dimaksudkan ialah seberapa solid kah anda dengan rekan kerja
anda untuk saling berinteraksi dan saling membutuhkan satu sama lain yang
berdasarkan tujuan yang sama
v.
Menawarkan saran yang
bermanfaat
Dalam suatu organisasi sering sekali kita mendapat masalah yang tidak
dapat di selesaikan sendiri, dikarenakan jika suatu permasalahan di atasi
sendiri akan membutuhkan tenaga ekstra dan waktu yang lama untuk menyelesaikan,
dalam pengorganisasian harus memiliki diskusi debat yang aktif yang berguna
untuk saling menawarkan saran yang bermutu agar organisasi tersebut dapat
bertahan.
4.
IMPLIKASI
MANAJERIAL
Pada bagian ini, seorang pembawa berita menyajikan berbagai implikasi
kebijakan yang dapat dihubungkan dengan temuan – temuan yang dihasilkan dalam
komunikasi ini,
Implikasi manajerial memberikan kontribusi praksis bagi manajemen
SUMBER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar