Rabu, 25 April 2012

TULISAN MAKALAH 3 Ilmu Budaya Dasar


Peran UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN NILAI-NILAI Budaya

DI SUSUN OLEH
NAMA                        : Raengga supi
KELAS                       : 1 KA 33
NPM                           : 15111742
MATA KULIAH       : Ilmu Budaya Dasar
Dosen                          : Bpk. Muhammad Burhan Amin

SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2012


i
Mata Kuliah  :  Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Makalah
Peran UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN
NILAI-NILAI Budaya
Kelas  :  1-KA33
Tanggal Penyerahan Makalah : 27 April 2012
Tanggal Upload Makalah  :  28 April 2012

P E R N Y A T A A N


Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.
Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

P e n y u s u n

N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
15 11 17 42
RAENGGA SUPI


Program Sarjana Sistem Informasi

UNIVERSITAS GUNADARMA


ii
KATA PENGANTAR

Bismilahirrahmanirahim.

Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmatserta karunia-Nya Sehingga saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul peranUnivesitas Gunadarma dalam pelestarian nilai-nilai budaya

Terima kasih kepada Bapak Dosen yang telah memberi saya kesempatan untuk menambah pengetahuan dan ilmu dari makalah ini. Makalah ini membahas tentang          Peran UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN NILAI-NILAI Budaya
Semoga Makalah ini dapat menambah wawasan bagi yang membaca. Sasaran yang ingin dicapai oleh penyusun adalah meliputi semua aspek golongan, mulai dari masyarakat hinggapemerintahan agar bisa berkonstribusi dalam melestarikan kebudayaan.
Demikian makalah ini yang telah saya susun sebagaimana mestinya , selamat membaca dan semoga bermanfaat Amin.


iii
DAFTAR ISI
PERNYATAAN……......………………………………………………………………………….i
Kata pengantar…………………………………………………………………………………….ii
Daftar isi…………………….......………………………………………………………………..iii
BAB I. PENDAHULUAN…………..……………………………………………………………1
Latar belakang……………………………………..………………………………………………1
Tujuan………………………………………………………….………………………………….1
Saran.………………………………………..…………………………..……………………….2
BAB II . PERMASALAHAN………………………………………………...……….…………3
Kekuatan………………………………………………………………………………………..…3
Kelemahan………………………………………………………………………………………...3
Peluang……………………………………………………………………………………………3
Hambatan………………………………………………………………………………………….4
BAB III . KESIMPULAN DAN REKOMENDASI……………………………………………5
1.kesimpulan …………………………………………………………………………………..…5
2. Rekomendasi……………………………………………………………………………………5
Daftar pustaka……………………………………………………………………………………..6


1
BAB 1 PENDAHULUAN
Latar belakang
Semakin berkembangnya kemajuan di Era Globalisasi ini membuat kita menyadari bahwa tiap individu memilki fungsi serta peranannya masing-masing termaksud sebuahlingkungan universitas atau kampus yang dimana banyak berada aktifitas antara mahasiswayang satu dengan yang lainnya serta dosen yang satu dengan yang lainnya. Mereka semuayang berada didalam lingkungan kampus itu menjadi elemen dari satu kesatuan yang memiliki peran yang saling berkaitan
Kita sebagai seorang  mahasiswa yang aktif dan kreatif tentunya tidak ingin kebudayaankita menjadi pudar bahkan lenyap karena  pengaruh dari budaya-budaya  luar.Mahasiswa memiliki kedudukan dan peranan penting dalam pelestarian seni dan budaya daerah. Hal ini didasari oleh asumsi bahwa  mahasiswa merupakan anak bangsa yang menjadi penerus kelangsungan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia. Sebagai intelektual muda yang  kelak menjadi pemimpin-pemimpin bangsa, pada mereka  harus bersemayam suatu kesadaran kultural sehingga keberlanjutan  negara bangsa Indonesia dapat dipertahankan.Pembentukan kesadaran kultural mahasiswa antara lain dapat  dilakukan  dengan pengoptimalan  peran  mereka  dalam pelestarian seni dan budaya daerah
TUJUAN
Adapun tujuan dibuatnya makalah ini agar :


·         Agar mahasiswa mampu untuk melestarikan nilai-nilai budaya.

·         Menyadarkan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan.

·         Agar seni dan budaya daerah menjadi substansi mata kuliah

·         Mampu menjalin dan menjaga tali persaudaraan dan kerjasama antar Universitas


2
SARAN
Penulisan makalah ini ditunjukan kepada Mahasiswa dan Universitas Gunadarma itusendiri agar kedepanya
Menyisipkan nilai-nilai budaya dalam kurikulum pendidikan di Universitagunadarma.

 Lebih sering nya diadakan festival Seni budaya Seperti Pestival seni Tari dan SeniDerama kehas Indonesia.

agar adalah seluruh elemen yang terkait atau elemen yang beradadi lingkungan kampus dapat turut serta dalam melestarikan nilai-nilai budaya.

 Elemen yangada didalam kampus itus endiri adalah dosen (pengajar), mahasiswa dan mahasiwi, pengurusyayasan kampus. Semua itu adalah sasaran yang dapat melestarikan nilai-nilai kebudayaanyang memiliki peranan penting dalam mengembangkan serta melestarikan nilai kebudayaan



3
BAB 2 PERMASALAHAN
Analisis permasalahan
Peran Universitas Gunadarma dalam pelestarikan nilai-nilai kebudayaan dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi lingkungan internalmaupun eksternal dilihat dari aspek :
  1. Kekuatan (Strength)
·         Semakin pedulinya para mahasiswa baik mengikuti jalur ekstrakulikuler maupun intrakulikuler tentang nilai-nilai budaya itu sendiri
·         Semakin menigkatnya pemikiran yang kritis pada kalangan mahasiswa merupakan wujud mempertahankan budaya bangsa.
·         Semakin meningkatnya rasa keinginan mahasiswa Gunadarma untuk mengikutikegiatan selain mata pelajaran

2.      Kelemahan (Weakness)
·         Kurangnya Sarana dan prasarana di universitas gunadarma yang bias dimanfaatkan untuk pelestarian nilai-nilai budaya
·         Belum ada nya Fakultas atau Jurusan yang mempelajari dan mengkaji ilmutentang kebudayaan sebagai salah satu wujud dalam pelestsrian kebudayaan
·         Semakin majunya teknologi semakin alat music sederhana di tinggalkanKetika ada yang baru maka yang lama akan di tinggalkan

3.      Peluang (Opportunity)
·         Keistimewaan dari setiap budaya daerah yang menjadi daya tarik
·         Dengan di akuinya Universitas Gunarma sebagai universitas terbaik di AsiaTenggara maka kemungkinaan besar untuk terjadi pertukaran pelajar antarNegara
·         Kekayaan budaya yang melimpah mampu menjadikan daya tarik budaya sebagai magnet untuk mendatangkan wisatawan

4
4.      Hambatan (Threats)
·         Semakin Meningkat Kebudayan Asing yang Menyatu dalam Jiwa Penerus
·         Kurangnya kesadaran dan perhatian generasi muda terhadap nilai-nilai budayayang terkandung dalam setiap kebudayaan Indonesia menjadi salah satutantangan atau hambatan bagi Universitas Guanadarma dalam menanamkannilai-nilai budaya kepada mahasiswa.
·         Kekompakan seluruh mahasiswa dan pengajar untuk menerapkan nilai budaya
·         Kurangnya rasa cinta para mahasiswa terhadap kebudayaan Indonesia



5
BAB 3 KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

Kesimpulan

·          Nilai – nilai budaya merupakan nilai – nilai luhur yang mencerminkan NegaraIndonesia.
Sayangnya nilai – nilai tersebut perlahan mulai pudar dan menghilang daridiri para generasi penerus bangsa. itu dikarenakan tidak adanya pengetahuan yang berkesinambungan dari para orang tua dan lembaga pendidikan tentang nilai – nilai budaya di Indonesia
·         Dengan di akuainya universitas Gunadarma Sebagi Universitas terbaik dikancah internasional khususnya di Asia Tenggara maka semakin besrnyapeluang Universitas Gunadarma untuk menlakukan pertukaran pelajar antarNegara sehingga tentu saja menguntungkan bagi bangsa Indonesia karenamembuka jalan bagi kemajuan budaya Indonesia untuk di kenal di mancaNegara karna tentusaja budaya Indonesia dapat di bawa ke mancangara olehmahasiswa Indonesia dan mahasiswa luar yang dating ke Indonesia akanmengenal budaya Indonesia
Rekomendasi
·         Segera di bentuknya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di bidang kebudayanuntuk mewadahi para mahasiswa untuk mengembangkan dan mengenalkankebudayaan
·         Seperti yang telah di jelaskan di bab sebelumnya, kelangsungan kebudayaan Indonesiasangat bergantung kepada masyarakat itu sendiri. Warga Negara, Mahasiswa bertanggung Jawab untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia agar tetap utuhdan tidak punah/tidak jatuh ketangan Negara lain
·         Memaksimalkan kestabilan kampus untuk menjalankan peranannya sehingga semua bisa tercapai sesuai dengan yang diharapakan. Dimana ini menjadikan sebuah awal yang baik untuk kampus bisa berperan aktif dalam pelestarian nilai-nilai kebudayaan.


6
Referensi
·         Kartodirdjo, Sartono. 1994b. Pembangunan Bangsa tentang Nasionalisme, Kesadaran dan Kebudayaan Nasional. Yogyakarta: Aditya Media.
·         http://www.solopos.com/2012/pendidikan/perguruan-tinggi-harus-kembangkan-seni-tradisional-176759
·         http://isbdti.blog.uns.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar